Thursday, October 11, 2012



Bagaimana mengobati batuk dengan cara alami

Ada beberapa penyebab batuk yang membuat kita seringkali jengkel karena cukup mengganggu aktivitas dan gatalnya tenggorokan juga membuat kita tidak nyaman berada dalam berbagai situasi. Apalagi jika berada dalam ruangan yang ber-AC atau di luar ruangan yang banyak angin dan debu, hal ini bisa memperparah gatal di tenggorokan dan tentu batuk pun menjadi tidak terkendali. Bagi kamu yang sedang mengalami batuk seperti itu, berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat mengobati batuk yang bisa kamu praktekkan di rumah atau di tempat kerja.

  • Kecap, garam dan jeruk nipis

Campurkan garam, kecap dan perasan jeruk nipis tersebut dalam satu sendok makan. Kamu dapat meminum ramuan ini beberapa kali saat tenggorokan terasa gatal.

  • Madu dan lemon

Tuang tiga sendok makan madu dan satu setengah sendok makan perasan lemon kedalam gelas, kukus sebentar lalu dinginkan. Minum satu sendok ramuan dan sisanya bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Saat batuk gatal menyerang, kamu bisa meminum ramuan ini lagi. Hmm.. terasa dingin dan melegakan.

  • Kencur

Cuci bersih kencur kemudian makan mentah-mentah kencur dan buang ampasnya. Makan kencur ini bisa membantu dahak agar bisa keluar dengan mudah. Dan batuk pun bisa segera tuntas.

  • Madu dan kunyit

Parut halus kunyit dan ambil perasan airnya, lalu campurkan dengan madu untuk mengobati batuk gatal yang kamu rasakan. Selain itu kunyit juga aman bagi penderita sakit maag.

  • Daun kemangi

Selain untuk lalapan, ternyata daun kemangi yang harum juga mempunyai khasiat untuk mengobati batu lho. Rebus 2-3 lembar daun kemangi dengan 1 gelas air, biarkan hingga tersisa setengah gelas. Dinginkan sebantar dan minum air rebusan daun kemangi tersebut untuk mengobati batuk.

  • Bunga mawar

Bagi kamu yang menyukai bunga mawar dan menanamnya di taman rumah, kamu bisa memanfaatkan beberapa lembar bunga mawar untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mengambil sekitar 10 lembar daun bunga mawar, rebus dengan 1 gelar air dan tambahkan gula batu secukupnya, dinginkan dan minum 2 kali sehari.

  • Bunga belimbing wuluh / belimbing sayur

Belimbing wuluh yang biasanya dibuat untuk memperkaya rasa masakan dengan asam manis yang segar, ternyata daunnya juga bisa menjadi obat batuk. Bagaimana caranya? Kamu ambil beberapa bunga belimbing wuluh, kira-kira satu genggam. Lalu campurkan dengan adas beberapa butir, tambahkan gula batu. Rebus semua bahan dalam 1-2 gelas air, setelah mendidih, dinginkan dan siap diminum. Jangan lupa disaring dulu ya.

  • Serai / sereh

Serai / sereh merupakan salah satu bahan masakan yang mempunyai khasiat sebagai anti radang. Oleh karena itu, serai bisa bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mengambil 2-3 batang serai, cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Minumlah sebanyak satu gelas dalam satu hari.

  • Daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai antispetik yang ampuh dan bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengobati batuk. Campurkan sekitar 4-5 lembar daun sirih dengan kemukus, kayu manis, cengkeh, jahe dan kapulaga. Rebus semua bahan tersebut hingga sisa air rebusan sekitar 1-2 gelas. Minumlah 1 sendok makan tiap merasakan batuk. Sisanya bisa disimpan di wadah dan dimasukkan ke dalam kulkas.

Oke deh.. Semoga tips diatas bisa membantu kalian agar cepat sembuh dengan menggunakan bahan-bahan dari alam.

No comments:

Post a Comment